Sejarah SMK Negeri 2 Barabai

SMKN 2 Barabai yang sebelumnya bernama SMKN 1 Batu Benawa ini didirikan pada tanggal 18 Februari 2008, terletak di suatu kawasan yang masuk wilayah Kecamatan Batu Benawa yang jaraknya ± 8 KM dari pusat kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan berlokasi dekat dengan objek wisata Pagat.

Berdirinya SMKN 2 Barabai digagas oleh beberapa tokoh masyarakat dari Desa Aluan Mati, Desa Pagat, dan desa-desa di sekitar Batu Benawa, yang diantaranya seperti Bapak Umuri, Abdurrasyid, Muhran, Taberani, dan lain-lain.

SMKN 2 Barabai merupakan satu-satunya SMK Teknik yang berstatus negeri di HST, yang mana pertama kali hanya memiliki 4 bangunan utama yaitu 1 kantor, 1 laboratorium atau ruang praktek, 1 bangunan kelas (3 ruangan), dan 1 gudang.

Di sekolah menengah kejuruan ini diberikan pembelajaran dengan KTSP dan keterampilan yang sifatnya life skill (kecakapan hidup) sehingga siswa akan lebih percaya diri dan dapat beradaptasi dengan lingkungan. Pembangunan sekolah pun dikondisikan di tempat yang teduh, aman, dan nyaman serta dapat membikin siswa belajar lebih konsentrasi, leluasa, dan terhindar dari kebisingan kota.

Komentar ditutup.